PRINSIP HIDUP PUTRI BUNDA HATI KUDUS

1. MISTIK PBHK

  • Kasih Allah Bapa kepada manusia yang terutama nampak dalam Hati Yesus, yang    berkat Roh Kudus menjelma menjadi manusia melalui Bunda Maria.
  • Cinta tersebut disaksikan secara istimewa oleh Maria, Bunda Hati Kudus, dalam      jalinan intimitas Hati dengan Sang Puteranya.
  • Keterbukaan Hati dalam wujud keprihatinan terhadap segala bentuk kemalangan    dan penderitaan manusia dan keterlukaan (tertikam) oleh dosa-dosa manusia.
  • Putri Bunda Hati Kudus ingin bersama Maria memasuki misteri Hati Yesus, dan        memberi kesaksian tentang cinta itu melalui perutusannya ke dalam dunia dalam   kesatuan dengan Gereja.

2. CARA HIDUP PBHK
Mistik / Kharisma PBHK mengilhami cara hidup seorang PBHK dan mewujudkannya dalam suatu penyerahan / bakti diri secara total kepada Yesus, sang Putera, yang bersama Maria, ibuNya, dipersatukan oleh intimitas kasih.

a. Personal
Penyerahan / bakti diri secara total dan personal kepada Yesus bersama Maria, dengan hati tak terbagi melalui:
1) Hidup berkaul: tanda dan ungkapan pembaktian diri sepenuhnya.
2) Hidup doa / batin: jalinan kesatuan dengan Dia yang memanggil dan mengutus; khususnya Ekaristi, sebagai perayaan dan santapan, kurban dan kehadiran merupakan pusat dan puncak seluruh hdiup bakti. Di dalamnya kesatuan dengan Yesus dirayakan dan diungkapkan sepenuhnya. Spiritualitas Ekaristi harus tetap menjiwai seorang PBHK dlam keadaan apapun.
3) Sarana-sarana lain untuk pendalaman hidup bakti, seperti:
a) Adorasi: hidup kita menjadi santapan dan sumber kehidupan bagi sesame, sehingga hidup kita dapat menjadi pujian bagi Allah, yang nampak dalam Hati Kudus Yesus.
b) Pemulihan: hidup kita menjadi silih, yang berarti rela menderita bagi dosa-dosa manusia, bahkan rela menjadi “tumbal” demi terbebasnya orang-orang dari kematian dosa.

b. Komuniter
Dalam kesatuan denga rekan-rekan seprofesi kehidupan bersama, merupakan suatu ungkapan dan balasan cinta kasih Kristus, melalui hidup berkaul, hidup doa, Ekaristi, Adorasi, pemulihan yang semuanya bercorak komuniter.

3. APOSTOLAT
Kita dipanggil mengikuti Kristus secara lebih dekat melalui Kongregasi. Seluruh hidup kita merupakan kesaksian profetis di dalam Gereja dan dunia atas cinta kasih Allah, supaya orang-orang, di manapun juga berada, dapat mengalami bahwa mereka dikasihi Allah dalam diri Yesus.
Suster PBHK, dalam kebersamaan Maria, Bunda Hati Kudus, dipanggil dan diutus oleh Yesus untuk mengambil bagian dalam karya penebusan Allah menjadi Rasul Cinta Hati Kudus, untuk menaburkan hidup dan menjadi santapan bagi manusia, khususnya orang-orang yang malang, miskin , menderita dan tertindas, seturut charisma Pater Chevalier, agar Hati Kudus Yesus dikasihi di mana-mana.

Dalam gerakan ini keprihatinan terdalam PBHK adalah:
a. Menaburkan, mewartakan dan membagikan kasih Tuhan seperti tampak dalam Hati Kristus yang prihatin terhadap nasib manusia dan yang tertikam/ terluka oleh dosa-dosa manusia.
b. Meneladan Hati Kudus Yesus yang tergerak oleh belaskasih melihat segala penderitaan dan kesusahan orang lain, dan menghantar mereka kepada HatiNya untuk disembuhkan dan dibebaskan.
c. Memulihkan dunia yang dilanda oleh dosa kepada cinta Hati Kudus Yesus.

IDENTITAS PBHK

WANITA RELIGIUS YANG:

1. Mengagumi dan mengalami cinta Bapa, sebagaimana nyata dalam diri Yesus yang berkat pencurahan Roh Kudus mengosongkan diri menjadi manusia dan nampak dalam HatiNya yang prihatin dan tertikam demi keselamatan manusia.

2. Terpikat dan didorong oleh intimitas Hati Yesus dan Hati Maria, berhasrat memasuki misteri Hati Yesus, yang prihatin akan nasib manusia dan yang tertikam karena dosa-dosa manusia.

3. Menyerahkan hidupnya secara utuh, menyeluruh, radikal, tak terbagi kepada cinta Hati Kudus Yesus melalui hidup berkaul, hidup berkomunitas, hidup doa, khususnya Ekaristi, Adorasi, pemulihan dan kerasulan.

4. Mewarisi semangat Pater Chevalier ikut ambil bagian dalam gerak keprihatinan Hati Kudus dengan menjadi rasul cinta HatiNya untuk menaburkan hidup, mewartakan dan membagikan kasihNya serta menjadi santapan bagi semua orang, terutama mereka yang kecil, menderita, tersingkir, agar Hati Kudus Yesus dicintai di mana-mana.

Pengunjung FDNSC suka share di sosmed berikut:
FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrPinterestMySpaceShare

Comments

comments

Powered by Facebook Comments