RENUNGAN HARIAN PATER JULES CHEVALIER

Chevalier 2

28 MARET

1898 Dari tanggal 22 Maret sampai 6 April pelayaran P. Boismenu yang penuh bahaya dari P. Yule ke P. Thursday laut bergelora, layar-layar diturunkan; air memasuki kapal; nahkoda gelisah. Ia menulis pada tanggal 28 Maret “Malam yang dahsyat. Kami melewati karang batu itu jam dua tengah malam”.
1937 P.H. Keliner MSC (Jer) meninggal dalam tahanan di Cina.

Cinta Kepada Musuh
Kita tidak boleh menyimpan dendam terhadap musuh. Jika terluka oleh tingkahnya, bukan saja balas dendam dan kebencian dilarang, bahkan kita harus memaafkan: “Ampunilah dan kamu akan diampuni” (Luk. 6:37) Begitu ditetapkan Tuhan.
Memang Allah berhak membalas dengan keras dosa kejahatan dan kesalahan harian kita, tanpa ampun. Akan tetapi tidak demikian: Ia senantiasa penuh kebaikan dan kelembutan terhadap kita. Kita sendiri berlaku demikian pada mereka yang menentang kita? Acapkali terjadi kita tidak mau menyapa mereka, atau berbicara dengan mereka dengan wajah dingin dan kata-kata tuduhan.
Yesus memberi perintah bahwa kita harus mencintai musuh (Mat 5:44). Memang rasanya berat, akan tetapi harus, jika kita mau disebut murid-murid dan sahabat Hati Kudus.
Banyak orang Kristen bersalah dalam hal ini. Kata mereka: Saya tidak ingin dia rugi atau celaka; akan tetapi menengok atau menyapa dia, jangan harap. saya merasa terlalu tersinggung”. Kata dan perasaan demikian tidak kristiani.

Renungan 1, p.322-323)

Pengunjung FDNSC suka share di sosmed berikut:
FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrPinterestMySpaceShare

Comments

comments

Powered by Facebook Comments