SPIRITUALITAS MEDIOR

DSC_0312    DSC_0310

Pertemuan para suster medior di Jawa didampingi oleh Rm Paul Suparno SJ. Untuk gelombang I diadakan pada tanggal 26-28 Agustus 2016 dan gelombang II diadakan pada tanggal 2-4 September 2016. Kesempatan yang ada juga jadi saat yang pas untuk saling berbagi pengalaman dengan sharing bersama. Dengan gayanya yang khas, Rm Paul memaparkan materi seputar Spiritualitas Medior.

Hal pertama yang dibicarakan adalah menyadari keberadaan diri sebagai suster medior. Para peserta diajak untuk melihat Siapa aku orang medior? Hal ini penting untuk mengembalikan kesadaran masing-masing pribadi bahwa kita adalah pribadi yang diutus. Kita adalah orang yang diutus Yesus dalam Kongregasi.

Para medior adalah orang-orang yang dipercayakan untuk menjalankan perutusan Kongregasi, sekaligus yang bertanggungjawab mati hidupnya Kongregasi. Karena para Medior adalah tonggak dari Kongregasi. Salah satu tugas yang juga sangat penting adalah, para medior juga memiliki tugas untuk mencari uang demi kehidupan Kongregasi

Refleksi selanjutnya soal BAGAIMANA KITA MENJALANKAN PERUTUSAN ITU?

Masing-masing pribadi mendapat kesempatan untuk merenung sekaligus merefleksikan selama ini bagaimana tiap pribadi menjalankan tugas perutusan itu dengan bantuan pertanyaan:

  1. Apakah aku gembira?
  2. Apakah aku sedih dan frustrasi?
  3. Apakah yang membahagiakanku?
  4. Apa yang mengembangkanku?
  5. Apakah yang dapat aku syukuri?

Menarik sekali untuk direnungkan bersama, apakah setelah menjalankan perutusan yang dipercayakan kepada kita masing-masing sebagai medior, sungguhkah kita merasa gembira dan mau berbagi pengalaman iman dengan sesama saudari di komunitas, seperti yang diajarkan oleh para murid yang dikisahkan dalam Injil Lukas 10:17-20.

Para murid kembali setelah menjalankan perutusan memberikan laporan dengan menceritakan keberhasilan dan kegembiraan mereka. Yesus mengingatkan mereka sekaligus meneguhkan dengan berkata: “Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di surga” (Luk.10:20). Ini hanya bisa terjadi jika kita para medior sadar akan betapa pentingnya kesatuan kita dengan Tuhan (Yohanes 15:1-8).

Sumber tulisa asli: Materi Spiritualitas Medior

Rm Paul Suparno SJ

Pengunjung FDNSC suka share di sosmed berikut:
FacebookTwitterGoogle+LinkedInTumblrPinterestMySpaceShare

Comments

comments

Powered by Facebook Comments